PURWAKARTA – Kapolres Purwakarta AKBP Matrius turun langsung dalam mengamankan aksi unjuk rasa (Unras) gabungan Ormas di komplek PT. LION Metal Work, yang berada di Dusun 1, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Selasa (27/8/2019).

Sebelum melakukan pengamankan aksi unjuk rasa tersebut, Kapolres terlihat memberikan arahan kepada petugas kemananan gabungan yang ikut serta dalam mengamankan.

Dalam arahannya Kapolres meminta kepada semua petugas untuk melakukan pengamanan sesuai aturan yang ada.

Antisipasi sedini mungkin dan hindari terjadinya bentrokan antar massa aksi dengan pihak PT Lion Metal Waork.

“Saya minta semua petugas lakukan antisipasi jika ada gelagat akan terjadinya bentrokan. Lakukan komunikasi dengan massa aksi dan pihak perusahaan untuk menghindari terjadinya bentrokan,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius kepada petugas gabungan yang bertugas.

Selain itu ujar Kapolres, beberapa petugas keamanan juga diminta untuk melakukan pemantauan terhadap kendaraan milik massa aksi. Jangan sampai pelaku kejahatan mengambil kesempatan menjalankan aksinya disaat massa sedang berunjuk rasa.

Antisipasi penumpang gelap dalam aksi unjuk rasa juga harus diwaspadai. Jika terlihat orang yang mencurigakan, lakukan komunikasi dengan koordinator massa, tanyakan apakah orang tersebut salah satu massa aksi, jika bukan segera amankan.

“Yang perlu diwaspadai juga kita harus mengantisipasi adanya penumpang gelap yang bisa membuat aksi unjuk rasa menjadi tidak terkendali bahkan terjadinya bentrokan,” jelas Kapolres.

Kapolres menuturkan, menyampaikan pendapat dimuka umum diperbolehkan menurut Undang-Undang. Sebagai anggota kepolisian sudah menjadi tugasnya untuk mengamankan setiap masyarakat, baik memberikan pengamanan kepada massa yang sedang melakukan unjuk rasa maupun masyarakat yang ada di sekitar lokasi unjuk rasa.

“Jalankan tugas pengamanan secara persuasif, tetap humanis jalin komunikasi dengan kedua pihak dan pastikan keamanan mereka,” ucap Kapolres.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply